Kamis, 28 April 2011

Makanan Pendukung Diet

Anda tengah diet untuk mendapatkan postur tubuh ideal? Jika iya, tak perlu mati-matian mengurangi porsi makanan, mengubah pola makan, atau bahkan meniadakan waktu makan. Anda tetap bisa makan kok...
Berikut ini adalah macam-macam makanan yang dapat anda konsumsi saat diet:

1.Telur
Riset para ahli di Louisiana State University Baton Rouge menunjukkan, wanita yang menjalani diet rendah kalori dan menyantap telur, roti dan jelly tiap pagi kehilangan berat dua kali lebih banyak ketimbang mereka yang sarapan bagel dengan jumlah kalori sama tapi tanpa telur. Menurut peneliti, telur membuat kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikit.

2. Ikan
Selain tinggi protein, hampir semua ikan rendah akan lemak. Bahkan, ikan salmon yang tinggi lemak juga adalah pilihan yang baik. Mengapa? Sebab kandungan lemak dalam ikan salmon, yaitu asam lemak Omega-3, merupakan lemak yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Dan terkadang lemak sehat ini, sering lupa dimasukan ke dalam program diet ki

3. Daging sapi
Jangan salah riset yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, wanita yang dalam dietnya menyertakan daging merah mencatat penurunan berat lebih banyak ketimbang mereka yang menyantap jumlah kalori sama dengan sedikit daging sapi . Kandungan protein dalam steak, kata peneliti, dapat mempertahankan masa otot selama program penurunan berat badan . sehingga daging sapi tepat dikonsumsi dalam masa diet.

4. Apel
Sebuah apel sehari dapat mencegah terjadinya penambahan berat, demikian riset para ilmuwan di Penn State University. Mereka yang makan sebuah apel sebelum menyantap pasta tercatat mengonsumsi sedikit kalori dibanding mereka yang menyantap kudapan lain. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi —4 sampai 5 gram—yang membuat perut jadi kenyang. Hebatnya lagi, antioksidan pada apel dapat mencegah sindrom metabolik, yang ditandai dengan penumpukan lemak di lingkar perut.

5. Cabai
Cabai bisa meningkatkan metabolisme. Zat yang terkandung dalam cabai yang disebut capsaicin mempunyai efek thermogenic, yakni membuat tubuh membakar ekstra kalori selama 20 menit setelah menyantap cabai. Selain itu, Anda tak lagi bisa menyantap hidangan dalam sekejap. Makan dengan lambat membuat otak Anda merekam bahwa perut Anda kenyang. Jadi Anda tidak akan makan secara berlebihan.

6.Yogurt
Studi para ahli di University of Tennessee, menyatakan mereka yang menjalani diet rendah kalori dengan menambah yogurt mengalami penurunan lemak total 61 persen lebih besar dan 81 persen lemak perut ketimbang mereka yang diet tanpa yogurt. Dengan kombinasi karbohidrat, protein dan lemak, yogurt dapat menekan rasa lapar dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

7. Alpukat
Tidak perlu khawatir gemuk jika makan buah alpukat. Kandungan lemak dalam sebuah alpukat (29 gram) justru merupakan makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Tahu kenapa??? Karena Kandungan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan rasa kenyang.

8. Sup Sayur
Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Appetite, menunjukkan bahwa mereka yang memulai santapannya dengan sup sayuran, 20 persen mendapat asupan kalori lebih sedikit. Selain itu, sup juga terasa lebih mengenyangkan.

9.Oatmeal
Sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Nutrition dijelaskan bahwa mengkonsumsi oatmeal sebelum berolahraga tidak menaikan gula darah setinggi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti roti putih. Pada gilirannya, kadar insulin tidak akan tinggi, karena insulin yang berperan memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan lemak, memiliki kadar yang lebih rendah sehingga dapat membantu membakar lemak.

10. kacang Almond
Mengunyah lebih sering ternyata juga dapat menahan rasa lapar. Ini merupakan kesimpulan penelitian yang terungkap dalam American Journal of Clinical Nutrition. Lewat penelitian tersebut, para partisipan diminta mengunyah 2 ons kacang almond dalam beberapa tahap. Mulai dari 10 kali, 25 kali hingga 40 kali. Ketika mereka mengunyah kacang almond selama 40 kali, mereka merasa kenyang lebih lama. Peneliti, Rick Mate, Ph.D., RD, dari Purdue University, menyimpulkan semakin lama mereka mengunyah kacang almond maka pelepasan lemak semakin besar.

11. Teh daun jati cina
Kandungan senyawa aktif dalam daun jati cina seperti tanin membantu mengurangi Penyerapan senyawa seperti lemak dalam H saluran cerna. Tanin dapat menyerap lemak atau karbohidrat dari makanan yang masuk sebabnya jati cina berperan untuk menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi ramuan jati cina secara teratur, berat badan bisa dijaga tetap stabil. Karena keberadaannya sebagai penghambat, maka tidak tertutup kemungkinan berat badan kembali naik jika konsumsi jati cina dihentikan.

12. Labu Siam
Labu siam kaya akan kandungan serat, vitamin A,B, dan C, mineral dan air, niasin, dan sedikit albuminoid. Karena bersifat dingin, jika dimakan terasa sejuk dan dingin di perut. Tepat dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani program diet. Selain itu kandungan didaam labu siam dapat menurunkan lemak darah (Kolesterol dan trigliserida), beberapa pakar kesehatan dan gizi juga menyatakan bahwa labu dapat mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, dan diabetes.

13. Jeruk Nipis
Ternyata serat pektin yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu mengurangi rasa lapar. Jadi secara tidak langsung membantu penurunan berat badan karena keinginan untuk makan menjadi berkurang. Jadi, mengkonsumsi air jeruk nipis yang cukup dan teratur dapat menjadi salah satu cara yang mudah untuk mengurangi berat badan.

14. Beras merah
Cobalah untuk mengganti beras putih dengan beras merah, selain mengandung protein, mineral, dan kaya vitamin B, beras merah juga kaya akan serat sehingga dapat mencegah konstipasi. Selain itu jika kita mengkonsumsi nasi beras merah dengan kadar cukup dan seimbang kenaikan kadar gula darah akan lebih lambat disbanding jika kita mengkonsumsi roti atau kentang. Kesetabilan jumlah energy akan membantu mengendalikan diabetes dan membantu mencegah serta mengurangi kelebihan berat badan.

15. Jagung
Jagung kaya akan vitamin seperti vitamin B1 yang berfungsi untuk metabolisme karbohidrat, vitamin B5 yang membantu fungsi-fungsi fisiologis, folat yang membantu menghasilkan sel-sel baru, dan vitamin C yang membantu memerangi penyakit. Dengan sederet manfaat tersebut, maka tak salah jika makanan ini menjadi makanan wajib bagi yang sedang menjalankan program diet.Selain sumber vitamin, jagung pun kaya akan serat yang membantu memerangi masalah pencernaan seperti sembelit

16. jantung Pisang
Jantung pisang kaya akan serat dan mampu membuat kita merasa selalu kenyang. Pasar tradisional banyak sekali yang menjual jantung pisang. anda bisa membuatnya sayur untuk makan sehari-hari. Jantung pisang sangat baik untuk mendukung diet anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer